pariwisata kabupaten jember

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa

  Dibaca : 158 kali
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa
Drs.H.Suradji,MM., saat memberikan materi Bimtek Jurnalisme Inovasi Desa kepada 132 Kepala Desa.(im)

Memontum Situbondo —- Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa yang berkualitas.

Dalam hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs.H.Suradji,MM., saat acara Bimtek bersama Jurnalisme Inovasi Desa sekaligus untuk mempromosikan Desa Se- Kabupaten Situbondo dengan Program Inovasi Desa,yang digelar di Ruang Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Situbondo, Sabtu (4/11/2017) kemarin.

H Suradji Selaku Kadis PMD mengatakan tujuan dari Bimtek kali ini untuk menyamakan persepsi tentang inovasi-inovasi dari setiap desa di Kabupaten Situbondo baik yang sudah dilakukan maupun belum dilakukan seperti pelayanan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Tim teknis TIK-PID yang mencakup SKPD terkait seperti Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Disperdagin, Dinas Pertanian, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Pengguruan Tinggi.

Program Inovasi Desa (PID) ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang merupakan restukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada Pendamping Desa.

Program yang rencananya akan berjalan hingga Desember 2018 mendatang, dan telah dilakukan rekrutmen Tenaga Ahli Inovasi yang berkedudukan di Kabupaten.

Selain itu, tujuan lain dari Inovasi Desa yaitu melindungi individu, kelompok atau kelembagaan yang melakukan inovasi, memacu kreatifitas Desa untuk meningkatkan daya saing dan keunggulannya serta meningkatkan jaminan pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Desa. (im/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional