Connect with us

Jombang

Kelompok Wanita Tani Jatirejo jadi Percontohan Olahan Buah Salak

Diterbitkan

||

Kelompok Wanita Tani Jatirejo jadi Percontohan Olahan Buah Salak

Dipaparkan ke Peserta UPT Dinas Pertanian Jawa Timur

 
Memontum Jombang – Salak merupakan salah satu tanaman unggulan dan memberikan kontribusi ekonomi yang cukup tinggi bagi masyarakat. Namun seringkali petani salak sering dihadapkan pada permasalahan ketika terjadi panen raya di tangan kelompok Wanita Tani Jatirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Salak di olah menjadi Minuman Kemasan dan Jajanan daerah yakni Jenang salak.

Karenanya, Upt pelatihan dan pengembangan dinas pertanian provinsi jawa timur memilih Kelompok tani salak Jatirejo sebagai praktek dan kunjung lapang bagi peserta UPT dinas pertanian Jawa timur kali ini, Kamis (15/11/2018).

“Kami memilih jombang karena mendapat rekomendasi dari dinas Pertanian dan ketahanan pangan Jawa timur,” Ujar Agus Syuhada pelatih yang ditunjuk oleh Upt dinas pertanian Jawa Timur.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, kunjungan lapangan ini diikuti oleh 30 peserta dari 14 Kabupaten. Kunjugan lapangan ini untuk melengkapi pelatihan selain teori yang telah kita berikan di kampus ( balai UPT dinas pertanian.red) yang sudah telah berlangsung selama enam hari. Kunjungan ini bermaksud untuk memberi wawasan dan pengalaman kepada peserta, sehingga nanti ketika peserta dikembalikan ke daerahnya masing-masing ereka mampu mengembangkannya.

“Nanti pelatihan ini diakhiri dihari sabtu dan peserta di bebankan untuk membuat laporan, setelah itu mereka dikembalikan ke daerahnya untuk melakukan pengembangan disana. Kami memilih jombang karena mendapat rekomendasi dari dinaspertanian ketahanan pangan dan petunjuk dari dinas pertanian profinsi,” pungkas Agus.

Salah satu peserta pelatihan asal Magetan, Nurhayati mengaku merasa berkesan, saat di perkenalkan dengan cara memilih bibit salak , penananamnya,sampai pada pengolahan buah salak, dan itu memotivasinya untuk dikembangkan di magetan mengingat salak tidak ada didaerahnya.

Laman: 1 2

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending