Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Tulungrejo Bangun Rest Area Seluas 2800 Meter

  • Senin, 15 Oktober 2018 | 09:23
  • / 4 Safar 1440
Tulungrejo Bangun Rest Area Seluas 2800 Meter
MANFAAT : Pembangunan Rest Area diharapkan bisa bermanfaat untuk warga sekitar

Memontum Kota Batu – Dana Desa (DD) turun Pemdes di Kota Batu bekerja keras membangun wilayahnya. Kali ini, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji bakal membangun rest area seluas 2800 meter menggunakan anggaran kurang lebih Rp 2,8 Miliar di Dusun Gerdu. Tujuannya, menurut Suliono Kades Tulungrejo, selain untuk usaha bersama kedepan rest area bisa menampung beberapa pengusaha UKM yang berada di Tulungrejo untuk mempromosikan hasil buah tangganya.

Dari total luas area 2800 meter persegi, di Jalan Raya Junggo ini, pembangunan masih berjalan sekitar 40 persen.

“Tahun ini menggunakan anggaran tahap pertama yakni sebesar Rp 630 juta. Anggaran DD Desa Tulungrejo tahun 2018 ini 1,4 Miliar Rupiah. Nanti bertahap tahun ini tahap awal dulu,” ungkap Suliyono, Minggu (14/10/2018).

Kebijakan pihak pemdes untuk membangun dirasa penting sebab selama ini menjadi jujukan wisatawan. Selain itu, rest area ini nanti juga bakal difungsikan sebagai tempat parkir kendaraan besar yang akan menuju wisata yang tidak bisa diakses kendaraan besar, seperti bus.

“Nanti juga bakal ada warga Desa Tulungrejo yang berjualan di sini. Kami memberdayakan masyarakat sekitar juga untuk meningkatkan pendapatan di desa dan Kota Batu sesuai visi misi Pemkot Batu Desa Berdaya Kota Berjaya, ” papar dia kepada memontum.com.

Kemudian, masih kata Suliono, karena masyarakat mayoritas bertani dan berjualan hasil panen. Bisa dilihat sepanjang jalan desanya yang menghubungkan Kota Batu dengan Desa Sumber Brantas dan Kabupaten Mojokerto banyak warganya yang menjajakan hasil panen seperti apel, jeruk, kentang. Nanti, jika rest area sudah rampung, penjualan bisa terpusat di rest area.

” Fasilitasnya nanti ada pusat oleh-oleh, tempat istirahat, toilet. Fasilitas kami lengkapi semua,” tutupnya.

Terpisah, Arif Purwanto Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, di Kota Batu total anggaran DD untuk 19 Desa ialah Rp 21 Miliar. Pihaknya berharap supaya desa mampu mengelola anggaran DD pertahun, semakin bagus untuk penyerapan anggaran.

“Sekarang setiap desa sudah mampu untuk mengelola anggaran DD. Sehingga anggarannya cepat terserap dipergunakan untuk kebutuhan setiap desa. Untuk Desa Gunungsari sendiri mendapat DD Rp 1,4 Miliar,” pungkasnya. (bir/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional