Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Ruwat Desa Jemirahan Ditutup Qhotmil Qur’an dan Istiqhosah

  • Rabu, 26 September 2018 | 20:59
  • / 15 Muharram 1440
Ruwat Desa Jemirahan Ditutup Qhotmil Qur’an dan Istiqhosah
Dari kiri Kepala Desa Jemirahan H.Khoiruth Tholab,Camat Jabon Agus Sujodko,Kapolsek Jabon AKP Saadun dan BPD,Yoyok Prio Utomo. (gus)

Memontum Sidoarjo – Gendang- gending suara gamelan, kembali terdengar rancak di sekitar Pendopo kantor balai Desa Jemirahan Kecamatan Jabon, Rabu (26/7/2018) siang. Ini merupakan agenda rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka ruwat desa (sedekah bumi). Kegiatan tersebut, dihadiri Forkopimka Kecamatan Jabon, Kepala Desa Jemirahan H.Khoiruth Tholab,perangkat desa,Toga,Tomas dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Jemirahan,H.Khoiruth Tholab mengatakan, kegiatan ruwat desa diwilah kerjanya ini di gelar,bertepatan pada Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H Tahun 2018. Ruwat desa ini sebagai wujud rasa puji syukur pada Alloh SWT atas rezeki yang diberikan dalam setahun hingga merasa damai,tentram,dan sejahtera. “ Kami berharap dijauhkan dari segala musibah,bencana dan malapetaka,agar kemakmuran dapat terwujud selamanya” harapnya .

Selain itu, ruwat desa juga menghormati,serta mengenang jasa-jasa para leluhur desa yang telah mewujudkan adanya keberadaan Desa Jemirahan. Asalnya tidak ada,dan ada Desa Jemirahan itu berkat leluhur atau menurut orang jawa biasa disebut sing babat alas .

“ Kami berharap kedepannya kegiatan ini lebih semarak, melihat antusiasme warga untuk partisipasi, mendukung acara ini. Dalam tasyakuran sebanyak 35 tumpeng, memadati halaman pendopo kantor balai desa,” terang H Khoiruth Tholab.

Masih kata H.Khoiruth Tholab, acara puncak di gelar pagelaran kesenian wayang kulit,Ki dalang Suastomo dari Sidoarjo .Sedangkan hari kedua digelar, Qhotmil Qur’an, selanjutnya Itiqhosah sekaligus do’a bersama di hadiri KH.Abdul Muntolib yang kerap disapa Kera Sakti. Sementara itu Kaur Perencanaan Desa Jemirahan, Ahmad Subhan menjelaskan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan,dan alhamdulillah cukup semarak dan meriah.

“Tahun-tahun berikutnya kami akan mengagendakan kegiatan tersebut. Serangakain acara ini berjalan aman,lancar dan tertib terkendali sesuai harapan bersama,” tuturnya (gus/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional