Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Ratusan Petambak Jabon Digembleng Produksi Pakan Ikan Bertenaga Surya

  • Minggu, 23 September 2018 | 20:40
  • / 12 Muharram 1440
Ratusan Petambak Jabon Digembleng Produksi Pakan Ikan Bertenaga Surya
PEMBEKALAN - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Syaikhul Islam Ali memberikan pembekalan kepada ratusan warga di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo tentang produksi pakan ikan menggunakan mesin tenaga surya, Sabtu (22/9/2018)

Memontum Sidoarjo – Ratusan perwakilan pembudidaya ikan (petambak) asal sejumlah desa di Kecamatan Jabon mengikuti pelatihan. Mereka dilatih untuk menproduksi pakan ikan menggunakan mesin tenaga surya di Balai Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Bantuan mesin ini, merupakan hasil kerjasama Komisi VII DPR RI, Kemenristek Dikti dan Universitas Narotama, Surabaya. Harapannya, para pembudidaya ikan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sejuah desa di Jabon itu mengembangkan produksi pakan ikan itu menjadi bisnis yang menguntungkan kelompok di masing-masing desa itu.

“Kami membawa mesin produksi pakan ikan menggunakan mesin tenaga surya ini berharap dimanfaatkan warga secara maksimal dan memberikan kontribusi untuk warga desa,” terang Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Syaikhul Islam Ali kepada Memo X, Sabtu (22/09/2018).

Pria yang akrab dipanggil Gus Syaikhul ini mengungkapkan selama ini tambak di wilayah Kecamatan Jabon masih sangat luas. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan untuk menanam benih ikan terlalu besar karena harga pakan ikan mahal.

“Dengan mesin tenaga surya ini, kami harap bisa menurunkan biaya pembelian pakan iklan hingga 50 persen. Kemudian alat (mesin) produksi pakan ikan diatur pemakaiannya agar bisa memberdayakan ekonomi masyarakat desa di kawasan tambak. Syukur-syukur hasil produksi pakan ikan bisa dikomersialkan untuk menumbuhkan ekonomi warga desa,” imbuh anggota Fraksi PKB DPR RI ini.

Syaikhul mencontohkan seperti di kawasan Kecamatan Sukodono petani diberi alat produksi pupuk. Hasilnya biaya tanam dari pemupukan turun hingga 50 persen. Selain itu, hasil panen melimpah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional