Kabar Desa

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
space ads post kiri

Dinas Perindustrian Kota Malang Gelar ‘Malang Mbois 2″

  • Kamis, 2 November 2017 | 22:30
  • / 12 Safar 1439
  • Dibaca : 10 kali
Dinas Perindustrian Kota Malang Gelar ‘Malang Mbois 2″
Walikota Malang HM Anton melihat stand pameran dan seorang pengrajin keramik sedang membuat kerajinan guci dari tanah liat. (Memo X/Cw4)

*Tampilkan Hasil Karya Pelaku Industri Kreatif

Memontum Kota MalangIndustri kreatif di Kota Malang hingga kini terus berkembang pesat. Produknya bermacam-macam. Mulai handycraft, fashion, tekhnologi informasi (TI) sampai food/makanan serta hasil produksi yang lainnya. Akhirnya boleh disebut Kota Malang sebagai surganya bagi Industri kreatif. Semua hasil produksi industri kreatif dari tangan-tangan terampil pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) di Kota Malang dipamerkan di lobi Malang Center Point (MCP) mulai Kamis (2/11/2017) sampai Minggu (5/11/2017).

Walikota Malang HM Anton melihat stand pameran dan seorang pengrajin keramik sedang membuat kerajinan guci dari tanah liat. (Memo X/Cw4)

Walikota Malang HM Anton melihat stand pameran dan seorang pengrajin keramik sedang membuat kerajinan guci dari tanah liat. (Memo X/Cw4)

 

Ajang promosi hasil produksi industri kreatif di Kota Malang dikemas dalam event “Malang Mbois 2” tahun 2017. “Acara ini untuk ajang promosi, silahturahmi serta menciptakan jejaring sesama pelaku industri kreatif di Kota Malang,” jelas Kepala Dinas Perindustrian, Kota Malang Subkhan, Kamis (2/11/2017) siang.

 

 

Menurut dia, lewat acara semacam ini. Produsen bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Harapannya jumlah produksi semakin meningkat. Seiring dengan jumlah pesanan dari konsumen. Di Kota Malang kata Subkhan, jumlah IKMnya diperkirakan mencapai 2900 orang. Selain memberikan fasilitas promosi. Kedepan Dinas Perindustrian Kota Malang akan memfasilitasi pelaku IKM untuk mengurus perizinan usaha sekaligus mengurus hak paten atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)-nya.

 

“Bentuk dukungan pemerintah terhadap IKM. Mulai promosi produk IKM, pelatihan ketrampilan usaha. Serta bantuan peralatan kerja serta membantu memasarkannya,” imbuhnya.

 

 

Pameran Malang Mbois 2 tahun 2017 juga dihadiri Direktur Industri Kecil, Menengah, Logam, Mesin dan Elektronika Endang Suartini. Katanya industri kreatif dari Kota Malang sejajar dengan hasil industri kreatif di Kota Bandung dan Jogyakarta.
 

“Saatnya pelaku industri kreatif di Kota Malang go publik,” pesannya. Kata Endang secara nasional peran industri kreatif sangat membantu dalam pertumbuhan dan peningkatan ekonomi nasional. Pertumbuhannya mencapai 7%. Tahun 2015, dari industri kreatif menyumpang pendapatan negara sebesar Rp640 triliun. Daribsektor kuliner menyumbang 34%. Dari sektor fashion menyumbang 27%. Lantas dari kerajinan menyumbang 15%.

 

 

“Tahun 2017-2019 target pemerintah pusat menumbuhkan wirausaha baru sebanyak 20.000 jiwa. Kota Malang salah satu bidikan pemerintah pusat untui mengembangkan industri kreatif dan menumbuhkan wirausaha baru,” tambah Endang.
 

Selanjutnya Wali Kota Malang, Mohammad Anton menambahkan, kelebihan Kota Malang memiliki banyak perguruan tinggi dan sekolah SMA serta SMK. Sehingga sangat dimungkinkan untuk mengembangkan industri kreatif. Menurutnya, peran Pemkot Malang untuk menunjang pertumbuhan industri kreatif sangat besar. Mulai pembinaan kepada masyarakat. Menyiapkan peralatan kerja sampai membantu mempromosikan hasilnya.

 

“Sebenarnya dimasyarakat sudah diproduksi beberapa kerajinan. Tapi masih butuh sentuhan dari anak anak muda yang kreatif. Wadahnya kita buatkan Malang Creatif. Dari sinilah hasil kerajinan tangan dari masyarakat bisa dijual hingga luar kota dan luar negeri,” tegas Abah Anton.

 

Hal lain yang akan dilakukan Pemkot Malang untuk mewadahi hasil karya IKM ini adalah menyiapkan tempat untuk menjual hasil karya dari pelaku IKM di Kota Malang. “Tempatnya dimall, dihotel dan tempat khusus diluar Kota Malang,” pungkas dia. (cw4/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional