Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Wanita Lambangan Dibekali Pemdes Ketrampilan

  • Rabu, 5 September 2018 | 22:39
  • / 24 Djulhijjah 1439
Wanita Lambangan Dibekali Pemdes Ketrampilan
Ketua PKK desa Lambangan Sumarlik ( kanan ) dan instruktur ketrampilan memberikan arahan pada peserta. (par )

Memontum Sidoarjo – Peran wanita menjadi sangat penting dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera . Atas peran tersebut pemerintah desa Lambangan Kecamatan Wonoayu membekali wanita desa dengan ketrampilan. Kali ini yang menjadi bidikan adalah memenuhi kebutuhan hantaran pengantin.

Hal itu dilakukan karena sepanjang tahun banyak warga yang menikah di semua desa. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua TP PKK desa Lambangan. Sumarlik. Menurutnya, sepanjang tahun banyak orang menikah, dan pasti membutuhkan hantaran pengantin, maka para wanita desa dilatih untuk membuatnya agar dapat mengambil peluang mengais rizki itu, dan kalau mungkin membuka kios. Atau paling tidak dapat membuat sendiri kebutuhannya.

Pelatihan ditempatkan di pendopo balai desa, 20 orang wanita dengan tekun belajar membuat hantaran pengantin . Rata rata masih muda dan kreatif dengan kreasinya. Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana.

Keranjang kecil adalah bahan utama yang dimodifikasi dengan bahan sesuai dengan motifnya. Yang diantaranya dari jarik batik atau kain, kertas warna bahkan koran bekas. Bahan disesuaikan kebutuhan , ” Bahan disesuaikan dengan kebutuhan dan selerah pengguna hantaran, walau bahan sederhana, bila dikemas dengan benar akan tetap nampak baik di acara pengantin,” paparnya.

Meningkatkan kesejahteraan keluarga warga adalah harapan dari pelatihan tersebut, pasalnya dengan ketrampilan kaum wanita dapat berkarya. Sebagaimana yang diharapkan oleh kepala desa Lambangan, Mulyanto, ” Dengan mempunyai ketrampilan ini, para wanita dapat menyediakan kebutuhan hantaran pengantin bagi siapa saja, atau hasilnya bisa dipajang ditoko. Disitu ada nilai ekonomisnya untuk keluarga,” harapnya. (par/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional