Connect with us

Sidoarjo

Atasi Banjir, Desa Banjarwungu Perbaikan Saluran

Diterbitkan

||

Atasi Banjir, Desa Banjarwungu Perbaikan Saluran

Memontum Sidoarjo – Dibangunnya kembali saluran drainase jalan di Dusun Klinter oleh Pemerintah Desa Banjarwungu Kecamatan Tarik menjadikan warga setempat akan lebih nyaman disaat musim hujan. Pasalnya selama ini wilayah itu menjadi langganan banjir, karena air hujan dari jalan masuk ke pekarangan, sementara air di pekarangan sulit keluar, sehingga menimbulkan genangan yang tak kunjung surut.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Juariyah warga setempat. Menurutnya, saat hujan turun air dijalan masuk ke pekarangan sementara saluran pembuangan air jauh di belakang rumah, sehingga air lama tergenang .

Sebenarnya saluran drainase di dusun tersebut tepatnya di RT 14 RW 4 ada, yang dibangun oleh Dinas PU Bina Marga saat peningkatan jalan pada tahun 2016, namun kondisinya rusak dengan batu yang menyumbat karena roboh terkena roda kendaraan . Ditambah lagi saluran terputus tak sampai pada afvor pembuangan sehingga dipastikan air hujan menjadi masalah di kampung.

Kondsi ini menjadikan warga terganggu dan mengusulkan segera dilakukan perbaikan. Akhirnya aspirasi warga setempat direspon oleh pemerintah desa dan melalui anggaran Dana Desa, saluran diperbaiki dan diteruskan dengan menggali tanah untuk saluran sampai anak afvor pembuangan terdekat.

Nampak bangunan lebih dalam dengan penahan melintang antara dua sisi , ” Kami warga Banjarwungu berharap bangunan harus baik dan kuat, karena saluran dekat dengan roda kendaran yang lewat,” jelas Mul, seorang pekerja proyek.

Tak hanya bermanfaat sebagai drainase air hujan, keberadaannya juga menjadikan lingkungan bersih dan sehat, pasalnya limbah rumah tangga dapat dialirkan menuju anak afvor pembuangan,” Saya senang dengan saluran baru ini, limbah dari rumah bisa dialirkan ke pembuangan sehingga pekarangan rumah bersih, ” papar Jum warga lain yang keseharian buka warung. (par/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending