pariwisata kabupaten jember

Kirab Tumpeng Bermartabat, Berharap Desa Parang Argo Guyub Rukun

  Dibaca : 115 kali
Kirab Tumpeng Bermartabat, Berharap Desa Parang Argo Guyub Rukun
Kades Hari Purnomo sambut Bersih Desa Parangargo (ist)
space ads post kiri

Memontum Malang — Menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, Pemerintah Desa Parangargo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang menggelar kirab budaya, Minggu (21/10/2017). Kali ini pada kirab budaya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana para warga dari 5 Dusun terbagi 20 RT / 6 RW murni menampilkan kirab gunungan tumpeng bermartabat yang diusung.

Kegiatan kirab tumpeng yang dipusatkan di lapangan desa belakang Koramil Wagir ini digelar pukul 15.00 dan berakhir di lokasi sama. Deretan gunungan tumpeng tak pelak menyita banyak penonton lantaran diiringi atraksi naga leang leong. “Kirab budaya kali ini murni gunungan tumpeng warga dan hasil bumi, tak lain sebagai tanda kemakmuran desa tetap terjaga,” ungkap Hari Purnomo Kades Parangargo yang tidak lupa melakukan Kirim doa bersama ke makam leluhur pembabat desa yakni Mbah Wagirun dan punden Angling Darmo.

Dijelaskan Hari, dalam gebyar selamatan bersih desa tahun ini tidak hanya kirab budaya tumpeng yang dihadirkan, ada kegiatan tradisi keberkahan desa lainnya yang digelar dari dimulai Minggu (15/10/2017) gerak jalan sehat, Rabu (18/10/2017) Kirab Banteng Leang- Leong dan Kuda Lumping, Kamis (18/10/2017) pencak silat, Jumat (19/10/2017) panggung budaya dan bazar, Sabtu (20/10/2017) ludruk armada dan ditutup Minggu (21/10/2017) kirab tumpeng dan malamnya pengajian akbar.

“Kita harapkan pada serangkaian selamatan bersih desa ini adalah bentuk tanggung jawab bagi seluruh warga desa Parangargo untuk tetap melestarikan budaya leluhur untuk tetap terjaga. Semoga desa Parangargo diberikan keberkahan limpahan rejeki dan keselamatan dan dijauhkan dari marah bahaya bagi warganya untuk hidup damai aman guyup dan rukun”urainya. (*/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional