pariwisata kabupaten jember

Fantastis! Desa Oro Oro Ombo Kelola Anggaran Rp 5 Miliar

  Dibaca : 66 kali
Fantastis! Desa Oro Oro Ombo Kelola Anggaran Rp 5 Miliar
Kepala Desa Oro Oro Ombo Wiweko ( tengah) memimpin rapat bersama anggota BPD untuk membahas penambahan modal BUMDES Panderman (man)
space ads post kiri

Memontum Kota Batu — Tingkat kesejahteraan penduduk desa di Kota Batu harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Sebab pemerintah pusat telah memberikan kewenangan penuh kepada desa untuk mengelola sendiri bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) serta Dana Bagi Hasil Pajak dan Retrebusi Daerah.

Seperti Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu. Tahun 2018 diperkirakan menggelola anggaran sebesar Rp 5 miliar. Dana sebesar itu berasal dari bantuan DD, ADD, Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi, Pendapatan Asli Desa (PAD) dan silpa APBDesa tahun 2017.

Jumlah anggaran yang fantastis untuk ukuran desa dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 12.000 jiwa. Apalagi 10 tahun lalu Desa Oro Oro Ombo termasuk daerah miskin di Kota Batu. Waktu itu penduduknya hanya mengandalkan mata pencaharian pertanian dan peternakan.

Dalam pertemuan antara Kepala Desa Oro Oro Ombo dengan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Oro Oro Ombo terungkap bahwa tahun 2018. Bantuan DD sebesar Rp 1.316 miliar.

Bantuan ADD sebesar Rp 2.355 miliar. Bantuan Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah sebesar Rp 555 jutaan. Silpa APBDesa tahun 2017 sebesar Rp710.7 juta. Ditambah PADesa diperkirakan lebih dari Rp 200 juta.

“Ada waktu dua minggu Pemdes Oro Oro Ombo bersama BPD Oro Oro Ombo untuk menyelesaikan penyusunan APBDesa tahun 2018. Setelah APBDesa ditetapkan menjadi Petaturan Desa. Kita tinggal membelanjakan anggarannya sesuai dengan rencana kegiatan anggaran (RKA) tahun 2018,” tegas Kades Oro Oro Ombo, Wiweko.

Dari anggaran sebesar itu peruntukannya antara lain untuk membiayai pembangunan fisik lingkungan desa. Untuk kegiatan sosial. Untuk pemberdayaan masyarakat dan perempuan. Untuk membeli alat tulis kantor (ATK).

Page 1 of 212
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional